Sabtu, 09 Oktober 2010

Teknik pemodelan cangkir dengan 3ds max

Model merupakan representasi dari object benda yang sesungguhnya, dan dapat dimodifikasi sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna.Dalam kesempatan ini object yang akan dibuat adalah sebuah gelas yang dipinggir gelas terdapat gambar atau image yang ditempelkan disisinya. Dalam membuat sebuah model, banyak cara untuk membuat sebuah bentuk menjadi model yang diinginkan, yang akan dibahas kali ini adalah membuat model dengan menggabungkan bentuk2 object2 lainnya melalui fungsi yang dinamakan boolean, untuk lebih jelasnya, langkah2 yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.Membuat gelas diawali dengan menggunakan bentuk dasar yang mendekati bentuk model yang akan dihasilkan, dalam simulasi ini gelas lebih mendekati struktur sebuah silinder, lakukan seperti gambar dibawah ini :
2.Setelah itu setting ukuran dari silinder diatas seperti contoh berikut:
3.Setelah itu ubah format silinder kedalam editable poly, tujuannnya untuk bisa melakukan perubahan terhadap bentuk dasarnya, langkahnya seperti di gambar berikut.
4.Dan akan muncul menu pada kolom sebelah kanan, seperti gambar disamping ini. Aktifkan menunya dengan mengklik pada baris editable poly hingga berwarna kuning, dan aktifkan pula mode polygon (gambar kotak) pada roll menu selection.
5.Kemudian klik pada silinder tersebut pada bagian bawahnya, dan lakukan pengecilan luas areanya dengan menggunakna menu ’Select & Uniform Scale’
6.Ubahlah bentuknya hingga seperti gambar disamping ini menggunakan alat bantu seleksi menggunakan menu ‘Loop’.
7.Kemudian lakukan proses penggandaan atau clone dengan menggunakan tombol keybord Ctrl + V, dan pilih object copy sehingga akan membentuk object yang sama.
8.Setelah dikloning lakukan, perubahan skala object kedua dengan menggunakan menu ’Select & Uniform Scale’, hingga seperti gambar disamping ini.
9.Setelah itu pilih Silinder 01, dan lakukan prose berikutnya yaitu menghilangkan benda silinder 02 dari dalam silinder 01, dengan menggunakan menu Boolean seperti petunjuk berikut ini .
10.Setelah itu pada menu roll out Parameter, pilih operasi yang akan dilakukan yaitu, menghilangkan object didalam gelas/silinder yang pertama, klik Substraction (A-B). Klik ‘Pick Operand B’ dan pilih object silinder 02, sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini
11.Berikutnya akan buat model pegangan gelas, dengan menggunakan model Torus, langkah awalnya seperti gambar berikut ini :
12.Setting ukuran torus seperti gambar disamping ini.
13.Kemudian posisikan torus tersebut dalam posisi berdiri menggunakan perintah rotate seperti dibawah ini dengan mengisikan nilai 90 pad sumbu y
14.Kemudian torus tersebut harus dipotong, guna menyerupai pegangan gelas, dengan cara membuatkan alat bantu berupa kotak yang diletakkan ditengah volume torus tersebut, seperti gambar berikut ini,
15.Lakukan operasi substraksi pada menu boolean terhadap kotak dan torus yang telah berpotongan tersebut. Langkahnya seperti pada substraksi gelas diatas dengan mengaktifkan Substraction (A-B) dan mengklik Pick Operand B kemudian mengklik objek kotak tersebut.
16.Berikutnya menggabungkan pegangan dengan gelasnya, dengan menggunakan perintah connect pada rool out object type. Setelah itu klik perintah ‘Pick Operand’ dan klik gelas yang dituju.
17.Dan Hasil akhirnya seperti ini.
Filed Under: animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar